4 Pengusaha Muda Top Indonesia Gabung Jokowi-Maruf Amin - "Sandiaga Uno Kalah Hartanya"



Para pengusaha tidak saja berperan dalam memajukan perekonomian, tetapi juga membangun peradaban suatu bangsa melalui karya-karya kreatif mereka yang dinikmati oleh pengusaha membuat sosoknya menjadi sulit untuk dipenjara ke dalam sebuah definisi yang lengkap dan tuntas. Ada sejumlah pengertian yang ditawarkan para ahli dari waktu ke waktu.

Di paruh pertama abad ke-18, Richard Cantillon (1730) seseorang yang disebut-sebut sebagai pencetus istilah “entrepreneur”, pernah mengatakan bahwa inti dari kegiatan pengusaha adalah menanggung risiko. Mereka membeli barang tertentu hari ini, lalu menjualnya esok hari dengan harga yang tak pasti (baca: belum pasti untung).


Ibarat seorang pedagang roti membeli bahan baku trigu, mentega dll di Pasar Palmerah, kemudian mengolahnya menjadi adonan proses menjadi Roti dan menjualnya kembali esok hari bersama pedagang lainya kepada konsumennya di Pasar Tanah Abang dan Blok M. Tak ada kepastian memperoleh keuntungannnya namun risiko itu akan ditempuh oleh seorang entrepreneur.

Menurut ekonom Jean-Baptiste Say (1810), pengusaha adalah seorang koordinator produksi dengan kemampuan manajerial. Ia bisa dikatakan sebagai the pivot on which everything turns, pusat dari bergeraknya segala sesuatu. Di tangan entrepreneur, sesuatu yang masih bersifat ide-ide yang abstrak, mewujud menjadi sesuatu yang dapat dinikmati banyak orang.

Lebih jauh, Joseph Schumpeter (1910) mendefinisikan pengusaha sebagai seorang inovator yang kreatif. Dan sebagai inovator yang kreatif, mereka dilihat sebagai orang yang menyimpang secara sosial.

Nah dalam politik pengusaha tentu mendapat tempat istimewa. Mereka mempunyai karakter sukses yang digambarkan jiwa usahanya. Kubu Jokowi sangat beruntung karena mempunyai daya tarik pengusaha yang ingin bergabung.

Satu persatu pengusaha muda Indonesia memutuskan bergabung ke dalam barisan pendukung Capres dan Cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Untuk memaksimalkan dukungan para pengusaha muda ini, mereka masuk dalam struktur tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Masuknya pengusaha akan membantu visi-misi Jokowi-Ma'ruf terkait masalah ekonomi. Siapa saja mereka? apa posisi mereka di tim kampanye Jokowi?

Pertama, Rosan Roeslani. Ini informasi yang terbaru. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roslani memutuskan mendukung pasangan nomor urut 01. Rosan menjadi Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf.


Rosan adalah pria kelahiran Jakarta dan kini usianya terbilang muda, 49 tahun. Ia dikenal sebagai Chairman Grup Recapital. Pengusaha papan atas ini mengambil jalur berbeda dengan ayahnya sebagai dokter. Ia mememilih menjadi pengusaha ketimbang menjadi tenaga medis. Ia mulai dengan kuliah di bidang bisnis. Penasihat keuangan (finansial advisors) sebagai perusahaan perdananya yang mengantarkan Rosan Perkasa Roeslani sukses. Ia juga didaulat menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Kedua, Bahlil Lahadalia. Selanjutnya ada Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia. Ia masuk dalam Tim Sukses Pemenangan Jokowi-Ma'ruf. Bahlil menjadi Direktur Penggalangan Anak Muda Milenial dan Kepemudaan.

Pria kelahiran Maluku Utara ini adalah anak dari seorang ayah yang berprofesi sebagai kuli bangunan dan ibu sebagai tukang cuci. Dengan adanya keterbatasan tersebut, membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh. Dengan melihat begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua, ia jadikan peluang untuk membuka usahanya. Kini ia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company.

Pada tahun 2015, kariernya sebagai pengusaha semakin lengkap saat Munas Himpungan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), peserta memilihnya menjadi Ketua Umum HIPMI untuk periode 2015-2018.

Ketiga, Erick Thohir. Pengusaha ternama Erick Thohir masuk dalam barisan pengusaha muda pendukung Jokowi. Tak tanggung-tanggung Erick ditunjuk menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Jokowi mengungkap kehebatan Erick saat pengumuman ketua tim kampanye nasional. Menurutnya, Erick merupakan pengusaha yang sukses.

"Memiliki media, memiliki klub bola, memiliki klub basket dan memiliki banyak. Tetapi yang jelas dalam setiap hal yang beliau pimpin selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir beliau ketua Inasgoc 2018," kata Jokowi.

Keempat, Hary Tanoesoedibjo. Pengusaha media massa juga mendeklarasikan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Dia adalah Hary Tanoesoedibjo atau HT. HT merupakan bos dari MNC Corporation; Global Mediacom; MNC Media. Dengan berbagai usahanya itu HT menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.


HT yang juga Ketum Partai Perindo menduduki posisi sebagai Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf. Banyak pengamat berujar dengan bergabungnya HT, kubu Jokowi-Maruf Amin mempunyai Angkatan Udara yang mengerikan. Karena HT mempunyai banyak TV swasta nasional yang menggurita di Indonesia dan siap menaikan elektabilitas Jokowi dengan menyampaikan program dan kesuksesan Jokowi sampai ke pelosok daerah.


Updated: September 25, 2018

0 Comments:

Post a Comment