Jokowi Harus Tingkatkan Kepuasan Warga Agar Jadi Presiden Lagi

   Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/Detikcom)

Jakarta - Survei Center For Strategic And International Studies (Csis) Menunjukkan Nilai Elektabilitas Joko Widodo Masih Tinggi Menjadi Calon Presiden Tahun 2019 Mendatang. Berdasarkan Survei Csis Elektabilitas Jokowi Berada Dinilai 33 Persen. Apa Syarat Agar Jokowi Bisa Kembali Menang?

Pengamat Politik Djayadi Hanan Mengatakan, Jokowi Bisa Menang Bila Mempertahankan Citra Dan Kinerja Sampai Tahun Depan. Apalagi, Bisa Meraih Tingkat Kepuasan Kerja Mencapai Diatas 70 Persen.

"Nah, Syaratnya Kalau Kinerja Tingkat Kepuasan Sangat Tinggi Di Atas 70 Persen, Kemudian Keadaan Ekonomi Sangat Baik, Lalu Evaluasi Masyarakat Terhadap Program-program Dan Kebijakan Pemerintah Sangat Baik Gitu. Kalau Syarat-syarat Terpenuhi Maka Akan Jadi Kandidat Yang Populer Dan Mungkin Juga Dominan," Kata Djayadi Di Gedung Psi, Jalan Wahid Hasyim, Sabtu (4/11/2017).

Dyajadi Mengakui, Jokowi Masih Memiliki Pekerjaan Rumah Untuk Meningkatkan Kepuasan Kinerja Dan Pertumbuhan Ekonomi Yang Masih Di Sekitar 5 Persen. Paling Tidak Bisa Meraih 7 Persen. Hal Ini Bisa Menurunkan Elektabilitas Jokowi Sendiri.

"Tapi Misalnya Kinerja Pak Jokowi Sampai 2019 Biasa Saja, Tingkat Kepuasannya Masih Di Angka 60 An Persen, Keadaan Ekonomi Masih Seperti Sekarang Tidak Tinggi2 Amat Kan Sekitar Pertumbuhan 5 Persen Seperti Sekarang Itu Memang Agak Sulit Untuk Menggenjot Ekonomi Sangat Cepat Paling Tidak Pertumbuhan Sampai 7 Persen Itu Menurut Ahli Ekonomi Yah," Imbuh Djayadi Yang Juga Direktur Smrc Ini.

Sedangkan Untuk Prabowo Subianto , Kata Djayadi, Masih Butuh Panggung Menyalip Elektabilitas Jokowi. Prabowo Hanya Mendapat Nilai 25 Persen Dari Nilai Jokowi.

Wajar (Elektabilitas Jokowi Lebih Tinggi Dibandingkan Prabowo) Karena Yang Dilawan Petahana Yang Sering Tampil Di Media Kan Lebih Banyak Jokowi, Prabowo Panggungnya Kurang. Ada Kemarin Dia (Prabowo) Punya Panggung Di Pilkada Dki Tapi Setelah Itu Jarang Kalau Presiden Dia (Jokowi) Punya Panggung Setiap Hari, Bisa Nunjukan Kerjanya Setiap Hari," Kata Djayadi

Prabowo, Kata Djayadi Harus Bisa Mencari Panggung Positif Ke Masyarakat. Itu Bisa Meningkatkan Elektabilitasnya.


"Kebetulan Saat Ini Tingkat Kepuasan Masyarakat (Jokowi) Tinggi Di Atas 60 Persen Semua Survei Begitu. Wajar Kalau Di Atas Prabowo Kita Tidak Tahu Apakah Elektabilitasnya Akan Terus Kalau Nanti Prabowo Memulai Kegiatan Yang Lebih Masif Jelang 2019 Tapi Memang Dimana Mana Lawan Petahana Itu Sulit," Pungkas Djayadi. (Rvk/Rvk)

Updated: November 04, 2017

0 Comments:

Post a Comment